Pengumuman

  • Informasi Pendaftaran PPDB Gelombang 3

    July 10,2023 |  Admin PPDB 2023  |  Pengumuman
  • Pendaftaran PPDB Gelombang 3

    June 17,2023 |  Admin PPDB 2023  |  Pengumuman
  • INFORMASI TES MINAT BAKAT GELOMBANG 2

    May 31,2023 |  Admin PPDB 2023  |  Pengumuman
  • Pendaftaran PPDB Gelombang 2

    May 12,2023 |  Admin PPDB 2023  |  Pengumuman
  • KEGIATAN ANBK SMK PUI CIKIJING 2022

    September 01,2022 |  Admin PUI  |  Pengumuman
  • Agenda Kegiatan

  • KIAT SUKSES PRA KERJA & MATERI PSIKOTES

    March 28,2024 |  Admin PUI  |  Agenda Kegiatan
  • PENELITIAN TINDAKAN KELAS

    December 04,2023 |  Admin PUI  |  Agenda Kegiatan
  • Best Practice

    December 04,2023 |  Admin PUI  |  Agenda Kegiatan
  • BEST PRACTICES

    January 25,2023 |  Admin PUI  |  Agenda Kegiatan
  • KEGIATAN ANBK SMK PUI CIKIJING

    September 01,2022 |  Admin PUI  |  Agenda Kegiatan
  • Statistik Pengunjung

      Online:2
      Hari Ini:5
      Kemarin:109
      Bulan Ini:2216
      Tahun Ini:13238
      Total:20895

      BEST PRACTICES

          Dibaca 809 kali

      BEST PRACTICES

       

      Meningkatkan hasil belajar menentukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah pada siswa  kelas XI TKJ 2 SMK PUI Cikijing

      Tahun Pelajaran 2022/2023

       

       

       

       

          

      Nama              : Endang Kosim Adri Sudirja

      No. UKG         : 201502962350

      Bidang Studi  : Bahasa Indonesia

       

        

      PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN

      KATEGORI 1 GELOMBANG 2 BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA

      UNIVERSITAS  NEGERI GORONTALO

      TAHUN 2022

       

      LK 3.1 Menyusun Best Practices

       

      Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

      Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

       

      Lokasi

      SMK PUI CIKIJING

      Jl. Raya Cikijing - Ciamis Km. 02 Kec Cikijing, Kab Majalengka 45466 Telp. (0233) 8896012 Email : smkpuicikijing@gmail.com

      Lingkup Pendidikan

      SMK

      Tujuan yang ingin dicapai

      Meningkatkan hasil belajar menentukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah pada siswa  kelas XI TKJ 2 SMK PUI Cikijing Tahun Pelajaran 2022/2023.

      Penulis

      Endang Kosim Adri Sudirja, S.Pd.

      Tanggal

      Pelaksanaan PPL Aksi 1 : Selasa, 13 Desember 2022

      Penyusunan Best Practices : 20 Januari 2023

      Situasi:

      Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

       

      Siswa kurang mampu dalam menentukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah. Hal ini terjadi disebabkan beberapa hal :

      1.       Hasil belajar siswa dalam menentukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah masih rendah.

      2.       Siswa kurang percaya diri dalam pembelajaran sehingga berpengaruh pada kemampuan mereka dalam menentukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah dengan baik.

      3.       Pembelajaran kurang inovatif sehingga pembelajaran yang diterapkan monoton.

      4.       Model dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat.

      5.       Siswa pasif dalam pembelajaran.

      6.       Kemampuan  literasi siswa masih rendah.

       

      Tantangan :

      Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

       

      Tantangan untuk mencapai tujuan :

      Pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik – TPACK ini tentu saja memiliki tantangan, diantaranya:

      1.   Belum maksimalnya  persiapan penulis berkaitan dengan  siswa, jari-ngan, alat, media, dan persiapan lainnya.

      2.   Memerlukan waktu yang cukup panjang dalam pelaksanaannya.

       

      Siapa saja yang terlibat :

      Pada praktik pembelajaran ini tentunya banyak melibatkan orang lain diantaranya :

      3.     Peserta didik sebagai subjek dan objek pembelajaran.

      Aksi :

      Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

       

      Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan :

      Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan di atas adalah :

      1.   Mengupayakan  persiapan yang lebih maksimal terutama yang berkaitan dengan kesiapan  siswa, jaringan, alat, media, dan persiapan lainnya. Strategi yang dilakukan yakni penulis berupaya memanfaatkan peralatan yang  ada, memaksimalkan siswa dalam proses pembelajaran dan menggunakan media yang variatif sehinggan dapat menumbuh-kan motivasi dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran.

      2.   Memerlukan waktu yang cukup panjang dalam pelaksanaannya. Strategi yang dilakukan yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara berkelompok agar dapat lebih menghemat waktu. Selain itu, penulis berupaya untuk membagi durasi waktu pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran sehingga pemanfaatan waktu pembelajaran dapat dimaksimalkan  secara efektif.

      4.   KD masih dibacakan oleh guru. Strategi yang dilakukan untuk memecahkan hal ini dengan meminta peserta didik untuk membacakannya.

       

      Siapa saja yang terlibat :

      Yang terlibat dalam pembelajaran ini adalah siswa, guru, teman sejawat, teknisi, kepala sekolah, dosen dan guru pamong.

       

      Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :

      Sumber daya atau materi yang digunakan untuk melakukan strategi tersebut adalah media Power Point, LKPD (Laptop, infocus, layar proyektor, kamera). Selain itu, referensi  atau bahan ajar yang berkaitan dengan materi pembelajaran menentukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah.

      Refleksi Hasil dan dampak

      Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

       

      Dampak dari aksi dan dari Langkah-langkah yang dilakukan :

      Dampak dari aksi dari dan langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

      1.   Penerapan metode pembelajaran yang bervariatif seperti diskusi, tanya jawab, presentasi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan  siswa menentukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah. Selain itu, siswa lebih tertarik, termotivasi, merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

       

      2.   Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik lebih aktif berinteraksi dan komunikatif dalam kelompok, dan menumbuhkan keterampilan berfikir kritis, serta meningkatkan minat belajar peserta didik.

      3.   Penerapan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat menumbuhkan minat dan  ketertarikan peserta didik, antusias dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dapat berakibat pada peningkatan hasil belajat peserta didik.

       

      Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan :

      1.   Respon peserta didik : senang, antusias, semanagat, penuh perhatian terhadap kegiatan pembelajaran karena pembelajarannya menggunakana model PBL yang disertai dengan media yang bervariasi.

      3.   Respon kepala sekolah : mendukung sepenuhnya kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar pesera didik pada pembelajaran Bahasa Indoensia.

       

      Faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan :

      Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini sangat ditentukan oleh keterampilan dan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif, model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan media pembelajaran yang bervariatif. Sehingga membantu peserta didik lebih percaya diri dalam berdiskusi secara runtut dan terarah. Selain itu, para siswa termoti-vasi dan  antusias dalam  proses pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi peningkatan kemam-puan siswa dalam  menentukan informasi dan per-masalahan aktual dalam teks ceramah.

       

      Pembelajaran dari keseluruhan proses :

      1.   Melihat beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran inovatif dapat tercipta jika model dan strategi pembelajaran yang ditentukan tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran yang bisa diambil dari proses yang sudah dilakukan guru adalah untuk lebih meningkatkan kemampuan guru khususnya dalam kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Hal ini juga dapat dilakukan dengan metode pembelajaran yang bervariatif, model pembelajaran PBL serta penggunaan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yang maksimal.
      2. Pembelajaran yang inovatif sangat membutuhkan guru yang kreatif dalam mendesain Rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis  atau berpusat pada siswa sehingga tercipta proses pembelajaran yang  menyenangkan dan akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
      3. Pengalaman berharga dari pembelajaran aksi ini bahwa seorang guru harus berkomitmen dan responsif untuk selalu mengikuti perkembangan  pengetahuan dan teknologi sehingga dapat berdampak pada peningkatan pembelajaran yang berkualitas.

       

      MITRA

      whatsapp